10 TANYA JAWAB TENTANG HOTS – (HOTS SERI I)

  1. Apa sih HOTS itu?

HOTS singakatan dari Higher Order Thinking Skill, atau keterampilan berpikir tingkat tinggi.

  1. Mengapa guru dan siswa harus paham tentang HOTS?

HOTS diimplementasikan dalam kurikulum 2013, dalam bentuk pembelajaran dan penilaian untuk mencapai hasil pendidikan yang berkualitas

  1. Dari mana konsep HOTS dalam kurikulum 2013 itu dikembangkan?

HOTS dikembangkan dari Taksonomi Bloom yang terdiri atas 3 ranah, yaitu kognitif (C), afektif (A), dan psikhomotorik (P) dengan sedikit perubahan, terutama pada ranah kognitif.

  1. Apakah ketiga ranah itu dikembangkan dalam pembelajaran dan penilaian HOTS?

HOTS menitikberatkan pada aspek kognitif tetapi dalam pelaksanaan pembelajaran tentu kedua ranah yang lain juga terangkum.

  1. Samakah rincian ranah kognitif bloom dengan ranah kognitif dalam kurikulum 2013?

Ada perbedaan. Ranah kognitif Bloom terdiri atas 6 tingkatan (C1 – C6), yakni ingatan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi. Sedangkan dalam Kurikulum 2013 menggunakan versi revisi (Anderson & Krathwohl, 2001). Keenam  tingkatan itu meliputi ingatan, pemahaman, penerapan, analisis/sintesis, evaluasi, dan kreasi/mencipta.

  1. Bagaimana pengelompokan keenam level berpikir itu?
  • Level berpikir rendah atau LOTS (low order thinking skill) teriri atas ingatan dan pemahaman (C1 dan C2).
  • Level berpikir sedang atau MOTS (middle order thinking skill) terdiri atas penerapan dan analisis/sintesis (C3 dan C4).
  • Level berpikir tinggi atau HOTS (higher order thinking skill) terdiri atas evaluasi dan kreasi/mencipta (C5 dan C6).
  1. Model pembelajaran apa yang direkomendasikan untuk pembelajaran HOTS?

Dalam kurikulum 2013, model pembelajaran HOTS yang direkomendasikan antara lain discovery learning, inquiry learning, dan problem base learning.

  1. Adakah model pembelajaran lain yang sesuai dengan HOTS?

Berbagai model pembelajaran Cooperative Learning cocok untuk HOTS, antara lain jigsaw, jigsaw 2, numbered head together (NHT), make a match, think-pair-share (TPS), example notexample, picture and picture, dan sebagainya.

  1. Apakah soal HOTS berarti soal yang sulit?

Soal HOTS tidak identik dengan soal yang sulit. Sebaliknya, soal yang mudah tidak selamanya soal LOTS. Dengan kata lain, tingkat kesulitan soal dan HOTS adalah dua sisi yang berbeda sudut pandangnya.

  1. Apa hubungan antara pembelajaran HOTS dengan soal HOTS?

Pembelajaran HOTS merupakan jalan untuk melatih, membiasakan , dan membentuk pola pikir tingkat tinggi. Sedangkan soal HOTS adalah soal yang dikemas untuk menguji tingkat kemampuan berpikir HOTS bagi siswa. Jadi, jangan pernah mengujikan soal HOTS jika siswa tidak pernah belajar dengan model pembelajaran HOTS.

#CT ARSA BISA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *