Nafi’atush Sholikhah, Siswa SMA Unggulan CT Arsa Foundation Sukoharjo Juara Lomba Ulas Film Indonesia

Nafi’atush Sholikhah (Nafi’), siswa kelas X SMA Unggulan CT Arsa Foundation Sukoharjo berhasil meraih kemenangan pada lomba Ulas Film Indonesia. Lomba Ulas Film Indonesia 2020 diselenggarakan oleh Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Baru. Ada 2 kategori yang dilombakan, yaitu kategori pelajar SMA/SMK/sederajat dan kategori umum. Lomba dilaksanakan mulai tanggal 21 sampai dengan 26 Desember 2020.

Nafi’ merupakan salah satu dari 5 pemenang lomba Ulas Film Indonesia Kategori Pelajar. Empat pemenang lainnya berasal dari SMK Negeri 1 Tanjunganom, SMA Negeri 2 Lumajang, SMA Negeri 6 Surabaya, dan SMK Dr Soetomo Surabaya.

Adapun proses yang harus Nafi’ jalani dalam mengikuti lomba tersebut, antara lain mengulas film layar lebar Indonesia yang dipilih oleh masing-masing peserta dan telah ditayangkan di bioskop maupun di platform digital resmi lainnya. Kemudian, membuat karya ulasan singkat dalam bentul tulisan atau non-tulisan serta mengunggah karya di akun media sosial.

Nafi’ mengungkapkan film yang diulasnya berjudul Pemean. Film “Pemean” merupakan film yang diproduksi oleh Paniradya Kaistimewan. Film ini dikemas dalam bentuk komedi, namun sarat akan pesan moral.

“Saya memilih film tersebut karena film Pemean merupakan film komedi yang bisa menghibur, tetapi kaya akan nilai moral di dalamnya,” jelas Nafi’.

Remaja yang lahir di Kabupaten Bantul, Yogyakarta itu menceritakan kiat-kiat untuk dapat memenangkan lomba Ulas Film ini adalah dengan banyak membaca dan belajar dari pengalaman kakak kelasnya di SMA Unggulan CT Arsa Foundation Sukoharjo.

Dalam ulasannya, Nafi’ menyampaikan identifikasi, sinopsis, kelebihan, kekurangan, hal yang disukai dari film tersebut, serta pesan moral yang disampaikan dalam film Pemean. Ia membuat karya ulasan dalam bentuk tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *