Selamat Tri Ardian Rinalda! Siswa SMA Unggulan CT Arsa Foundation Sukoharjo Diterima Beasiswa Mitsui Bussan Scholarship Program for Indonesia 2021

Tri Ardian Rinalda (Ardian), siswa SMA Unggulan CT Arsa Foundation Sukoharjo telah dinyatakan diterima sebagai penerima Beasiswa Mitsui Bussan Scholarship Program for Indonesia 2021. Mitsui Bussan Scholarship Program for Indonesia merupakan beasiswa yang ditujukan bagi pelajar lulusan SMA di Indonesia untuk melanjutkan kuliah di Jepang. Beasiswa ini didanai oleh Mitsui & Co. Ltd berkerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Beasiswa yang ditawarkan secara rutin setiap tahunnya ini bersifat beasiswa penuh sehingga para siswa yang terpilih dapat leluasa menjalankan masa studinya selama di Jepang.

Sejak lulus SMP, Ardian bercita-cita bahwa semakin tinggi jenjang pendidikannya maka harus semakin jauh sekolahnya. Oleh karena itu, Ardian ingin melanjutkan kuliah di luar negeri. Bahkan sejak kelas X, Ardian sudah mencari informasi beasiswa di luar negeri.

Remaja asal Tegal ini telah berhasil mengikuti serangkaian proses seleksi Beasiswa S1 Jepang oleh Mitsui Bussan Program yang terdiri dari beberapa tahapan, antara lain: (1) proses penyaringan, peserta yang memenuhi kualifikasi dan lolos seleksi dokumen akan mendapatkan undangan untuk tes tulis; (2) seleksi tahap 1, tes tulis (matematika dan bahasa Inggris) yang dilaksanakan secara online; (3) seleksi tahap 2, para pelamar yang lolos tahap 1 harus mengirimkan dokumen tambahan, di antaranya adalah hasil tes kesehatan, tes psikologi, dan esai; dan (4) seleksi tahap 3, para pelamar diwawancarai oleh Komite Pengelola dari Program Beasiswa Mitsui Bussan. Para penerima beasiswa akan mendapatkan pengetahuan dasar mengenai kehidupan di Jepang sebelum keberangkatan ke Jepang.

Ardian mengungkapkan alasannya memilih jurusan matematika murni (pure mathematic) karena ingin berkontribusi untuk pendidikan di Indonesia terutama bidang matematika. Keluarga sangat mendukung keputusan Ardian untuk melanjutkan kuliah di luar negeri. Sejak awal keluarga memberikan kebebasan kepada Ardian untuk menentukan arah pendidikannya selama itu tidak membebani orang tua dan tetap menjaga aqidah Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *