Tips Membangkitkan Semangat Wirausahawan Muda

Oleh: Krisnawan, S.Pd

Pada saat sekarang ini banyak bermunculan wirausahawan sukses pada usia yang masih muda. Berubahan era semacam ini merupakan perubahan yang cukup besar. Mengingat pada masa-masa lalu biasanya wirausahawan sukses dipenuhi dengan jejeran wirausahawan yang memiliki usia diatas 50an tahun. Semua hal tersebut tidak terlepas dari percepatan penguasaan teknologi informasi dalam dunia usaha yang sebagian besar dikuasai oleh anak-anak muda.

Kebanyakan masalah yang dihadapi oleh wirausahawan muda pemula adalah kesulitan dalam memulai usaha. Kesulitan ini dibagi menjadi 2 faktor besar yakni faktor internal dan faktor eksternal dari dalam diri wirausahawan itu sendiri. Faktor eksternal berkaitan dengan faktor-faktor dari luar diri seperti jadwal sekolah/kuliah yang padat, susah dalam mendapatkan modal, kurang dukungan dari pihak keluarga, dan lain sebagainya. Faktor internal berkaitan dengan faktor-faktor dari dalam diri yang menghambat memulai sebuah usaha antara lain sikap pesimis, rendah diri, ragu-ragu, dan lain sebagainya. Berikut beberapa tips untuk membangkitkan semangat wirausahawan muda terutama yang akan memulai membuka sebuah usaha :

  1. Bulatkan niat

Hal pertama yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha adalah niat yang kuat untuk membangun sebuah usaha. Niat menjadi hal pokok dalam emmbangun usaha karena dari niat ini lah seorang wiraushawan akan mampu bertahan diatas segala rintangan. Niat untuk terus berkembang juga akan menjadi faktor penentu dalam kemajuan dalam berusaha nantinya.

  1. Membuat target dan perencanaan yang realistis

Langkah selanjutnya adalah persiapan membuat perencanaan dan target usaha. Buatlah rencana dan target yang sekiranya realistis untuk dicapai dalam suatu kurun waktu tertentu. Jangan lupa untuk selalu melakukan evaluasi terhadap rencana maupun target secara berkala untuk mengtahui seberapa jauh usaha anda telah berkembang.

  1. Membuat deretan ide bisnis yang unik

Wirausahawan adalah insane yang senantiasa berkembang dengan ide-ide baru. Perkembangan suatu usaha juga menuntut munculnya ide-ide baru untuk menjaga agar pasar tidak jenuh. Sebaiknya sejak langkah awal memulai usaha kita telah memiliki banyak ide dalam mengembangkan usaha yang akan dirintis. Ide yang muncul bisa dibuat suatu catatan ringkas dan diberi time line yang jelas sebgai stratergi pengambangan usaha ke depan.

  1. Memulai dengan belajar

Modal terbaik seorang wirausahawan baru bukanlah berupa uang namun pengalaman dan pengetahuan tentang usaha yang akan dibangun. Pengalaman dan pengetahuan yang mencukupi akan sangat membantu dalam langkah awal usaha dimana pasar belum memiliki respon yang cukup tentang usaha kita. Namun alangkah baiknya jika kita terus belajar dalam berwirausaha untuk mengembangkan usaha kita nantinya.

  1. Tetap fokus

Sebuah usaha yang mulai berkembang mungkin akan memiliki beberapa perkembangan yang tidak terduga seiring berjalannya waktu. Terkadang fokus usaha yang kita mulai akan memiliki beberapa alternative pengambangan lain. Fokus usaha yang tidak jelas dan berubah-ubah akan membuat usaha kita sulit mendapatkan respon positif dari konsumen. Sehingga, akan lebih baik jika kita focus untuk menyelesaikan target-target usaha kita sebelum focus kepeda target yang baru agar arah usaha kita menjadi jelas.

  1. Mencari komunitas

Setelah semua aspek telah dimulai dan berjalan lancar, jangan lupa untuk mencari komunitas wirausahawan sejenis. Komunitas ini akan membuat kita terus belajar dengan rekan-rekan dalam mengembangkan ide dan pengetahuan baru dalam berwirausaha. Tak jarang pula, dari komunitas ini muncul pangsa pasar baru untuk semakin memperluas jangkauan pemasaran usaha kita.

                Memulai pertama kali bukan lah suatu hal yang mudah. Diperlukan suatu tekat yang sangat kuat serta keberanian untuk mengawali langkah meraih rupiah pertama. Seiring berjalannya waktu nanti, kemampuan dan daya tahan dalam menangani masalah akan tumbuh dengan bertahap. Mulai dari langkah awal dari niat yang kuat usaha akan berkembang bersama semangat, kerja keras, dan selalu pantang menyerah sampai semua target berwirausaha tercapai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *